KESEHATAN

PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT

Perbaikan layanan kesehatan masyarakat dilakukan dengan rutin menyediakan pengobatan gratis di desa-desa sekitar Jababeka dan perawatan yang terjangkau melalui Yayasan Mitra Jababeka (Yayasan Mitra Jababeka). YMJ dibuka setiap hari selama jam kerja dan bertujuan untuk memberikan pelayanan medis yang berkualitas kepada masyarakat dengan harga yang terjangkau. Saat ini, YMJ merawat sekitar 3.000 pasien per tahun.

Pelayanan kesehatan dalam bentuk penyempurnaan gizi bagi balita, balita, ibu hamil dan ibu menyusui diberikan dengan menyediakan makanan dan suplemen makanan melalui posyandu (disebut Posyandu) di Desa Simpangan. Kegiatan Posyandu ini mendapat penghargaan Silver Award untuk Program Peningkatan Gizi untuk Bayi dan Balita. Penghargaan tersebut diterima dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Kesejahteraan yang diprakarsai oleh Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Klinik sekolah juga merupakan bagian dari layanan kesehatan dan bertujuan untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan hidup sehat. Pengeringan di daerah pemukiman dan desa dilakukan untuk mencegah dan mengendalikan demam berdarah. CSR Jababeka bekerja sama dengan kepala lingkungan dan desa dalam melakukan latihan ini. Program ini mendapat respon positif dari warga dan pemerintah daerah.

BANTUAN BIDANG PENDIDIKAN

Program CSR Jababeka di bidang pendidikan dilakukan sejalan dengan pembangunan 1.000 program kelas baru yang disarankan oleh Gubernur Jawa Barat dan didukung oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat. CSR Jababeka dan PT. Mattel Indonesia membangun dua ruang kelas baru untuk Sekolah Dasar Negeri (SDN) 07 Simpangan, tiga ruang kelas baru untuk SDn 05 Sukasari, dan menyediakan furnitur untuk SDn Blooming Mukti.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, CSR Jababeka dan PT MANE Indonesia bersama-sama menyumbangkan komputer bekas ke SDN 01 Pasir Gombong, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Al Amin, SMKN 1 Cikarang Selatan dan pendidikan anak usia dini. Yayasan (PAUD Yayasan) SEBAGAI Salam Pasir Gombong. Dalam upaya mempersiapkan siswa yang siap mental untuk bekerja, CSR Jababeka dan Yayasan CARE FOR THE NATION telah bersama-sama melakukan pelatihan kewirausahaan bagi 600 siswa SMA dan SMK di Bekasi. Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, kepala sekolah, guru dan mahasiswa.

PENDIDIKAN

EKONOMI & SOSIAL

EKONOMI

PEMBERDAYAAN EKONOMI
Pemberdayaan ekonomi memprioritaskan pengembangan usaha kecil. Perusahaan menyiapkan peta sosial untuk memahami kekuatan dan potensi masyarakat. Program CSR yang telah dilaksanakan meliputi program menjahit kain lap, peternakan (menumbuhkan jamur jerami dan itik bebek), dan industri makanan rumah tangga.

SOSIAL

PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR, SEKOLAH, DAN PELATIHAN
CSR Jababeka membangun jaringan distribusi air bersih di daerah pemukiman dan desa dalam rangka meningkatkan taraf hidup, baik secara ekonomi maupun sosial. CSR Jababeka telah berhasil memberi masyarakat akses terhadap air bersih sesuai dengan Tujuan Pembangunan Milenium (Millennium Development Goals / MDGs). Program ini mendapat penghargaan Platinum dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) yang diprakarsai oleh Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Pekerjaan aspal dan perbaikan jalan lainnya dilakukan untuk menjaga kondisi kualitas jaringan jalan umum di dalam kota.

BUDAYA
CSR Jababeka bersama dengan kepala lingkungan menyelenggarakan berbagai kegiatan seni dan budaya dalam rangka perawatan dan apresiasi terhadap budaya lokal. Ini termasuk perayaan hari besar keagamaan dan nasional, serta acara spesial seperti donor darah, pengorbanan hewan dan program bantuan “Gema Ramadhan”, yang dilakukan oleh dinas sosial dan penyewa yang ingin berpartisipasi.

Festival Budaya Internasional ke 5 Jababeka dibuka dan dihadiri oleh Duta Besar Vietnam untuk Indonesia, Duta Besar China untuk Indonesia, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, dan Keluarga Kerajaan Kasepuhan Cirebon dan Tapanuli Selatan. Acara ini berfungsi sebagai keterlibatan dan komitmen Perusahaan terhadap nilai budaya masyarakat lokal dan internasional. Festival ini memamerkan seni dan budaya nasional dan internasional. Festival Budaya Internasional telah mendapat apresiasi dari pemerintah Bekasi untuk mendidik masyarakat di Bekasi. Acara ini bertujuan untuk melestarikan budaya lokal dan mengenalkan budaya asing kepada masyarakat setempat.

PARTISIPASI DI BIDANG SEJENIS (CSR)
CSR Jababeka telah mendapatkan beberapa penghargaan melalui sosialisasi dan koordinasi baik dengan mitra swasta maupun pemerintah. Contohnya termasuk penghargaan dari Gubernur Jawa Barat untuk CSR Jawa Barat di bidang Kemanusiaan dan Lingkungan Hidup dan penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai Mitra Pembangunan Jawa Barat.

Untuk mendukung MDGs yang telah diratifikasi oleh pemerintah Republik Indonesia, CSR Jababeka berkontribusi pada tujuan keempat MDGs dengan memberikan layanan kesehatan kepada balita di Desa Simpangan (Cikarang utara, Bekasi, Jawa Barat) – program ini diperoleh penghargaan perak CSR Jababeka juga berkontribusi pada tujuan ketujuh MDGs dengan menyediakan akses terhadap air bersih di utara Cikarang – program ini memperoleh penghargaan Platinum di GKPM Awards 2012. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, H.R. Agung Laksono.

LINGKUNGAN HIDUP
Perusahaan masih menggunakan slogan “Jababeka Go Green” sebagai bagian dari pengelolaan lingkungan perkebunan. Perusahaan mendorong penanaman pohon untuk mengurangi tingkat CO2 di perkebunan. Jababeka, Allianz dan Green Radio terus menanam 1.000 pohon trembesi, dan bersama dengan PT Wartsila, Jababeka menanam pohon di perkebunan juga.

Jababeka secara rutin bekerjasama dengan masyarakat untuk melakukan acara rutin, seperti pembersihan lingkungan, membuat lubang biopori dan penanaman pohon.